Monday, April 21, 2014

33. Penawaran uang palsu

Beberapa saat yang lalu saya mendapatkan email berisi penawaran 2 lembar uang 10 rupiah bergambar rusa dan 25 rupiah badak yang dikatakan asli karena memiliki watermark pangeran Diponegoro dan benang pengaman. Harga permintaan Rp.30 juta selembar. Lalu saya membalas untuk meminta dikirimkan gambarnya.

Inilah gambar yang dikirim ke saya. Sekali lihatpun kita bisa memastikan bahwa kedua uang tersebut PALSU.


Gambar depan pecahan 10 rupiah rusa "PALSU"



Gambar belakang 10 rupiah rusa "PALSU"


Bandingkan dengan aslinya


Gambar depan 10 rupiah rusa ASLI



Demikian juga dengan pecahan 25 rupiah badaknya.


Gambar depan 25 rupiah badak "PALSU"



Gambar belakang 25 rupiah badak "PALSU"


Silahkan bandingkan dengan aslinya.

Gambar depan 25 rupiah badak ASLI


Seperti yang telah sering saya katakan, yang penting teman-teman sekalian harus berhati-hati bila mendapatkan penawaran uang-uang langka. Jangan langsung percaya apalagi mengirimkan uang pembayaran. Begitu banyak penipu yang berkeliaran memanfaatkan kerakusan para kolektor.
Kebetulan saja kedua gambar uang PALSU tersebut sangat berbeda dengan aslinya, tetapi tidak menutup kemungkinan dengan kemajuan tehnologi, maka di masa yang akan datang pemalsu akan menghasilkan karya yang sangat mirip dengan aslinya. Selalu waspada dan beli hanya dari sumber yang bisa dipercaya.

Semoga info ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Jakarta 30 Januari 2011

1 comment:

Surya said...

Salam pak dokter! Saya surya, lama saya tdk menyapa. Dulu saya sering emaik psk dokter dengan email pribadi suryaprat@yahoo.com. saya mulai belajar dan mencintai dan " teracuni" uang lama / kuno dari blog ini. Dari saya blm menikah dari sekitar tahun 2008? Terimakasih pak dokter. Saya sangat rindu ikut lelang yg dulu sering diadakan blog ini. Semoga bapak dan keluarga srnantiasa sehat